Skip to content

Gita Savitri dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin Soal Kontroversi Child Free

Baru-baru ini rame orang membicarakan masalah child-free. Khususnya setelah Gita Savitri Devi ngepost di social medianya dia soal keuntungan child-free. Salah satunya adalah awet muda. Setelah hal ini menjadi viral, wapres buka suara soal child-free ini dan menyatakan ketidak setujuannya dengan pola pikir ini.

Artinya apa sih “child-free” itu? Itu artinya orang yang menikah, tapi memilih untuk engga memiliki anak. Lho, tapi menikah (khususnya kawin atau ng****) kan tujuannya itu punya keturunan?

Ya bener memang. Yang menjadi permasalahannya adalah orang-orang kebanyakan engga berpikir pernikahan dan memiliki keturunan itu sebagai pilihan. Iya, lo ga salah baca kok, mblo. Menikah atau engga, punya anak atau engga, itu PILIHAN.

Kalau elo kaget baca hal tersebut, berarti elo salah satunya yang terdoktrinasi dengan pandangan masyarakat umum.

Okelah jaman orang tua kita, jaman kakek nenek kita, jaman masih simple, kebutuhan masih bener-bener primer beneran yang perlu dipenuhin. Jaman sekarang? Nikah kudu ngundang ratusan orang, kudu super meriah dan mewah, minimal puluhan atau ratusan juta kalau nikahnya mau di hotel yang super elit.

Atau yang kere-kere dan mental bajingan biasanya hobi nutup jalan depan halaman supaya area tamu lebih luas. Nah selesai itu, kudu punya rumah milik sendiri, yang jaman sekarang ya memang ada sih yang cuma ratusan juta. Tapi kalau punya anak 1, ya jelas kudu minimal 2 bedroom kan.

Kalo rencana punya 2 anak, minimal rumahnya harus ada 3 bedroom. Kecuali lo mau ketika anaklo udah beranjak remaja masih tidur sama emak dan bapaknya. 2 anak satu kamar, ya bisa aja sih, tapi ntar pas udah gedean dikit bakal sering berantem, kayak kakak gue dan gue waktu kita masih jaman sekolah, soalnya kamar kita disatuin. Yang pusing ya emak bapaknya juga ending-endingnya. Dan jangan salah ini kebawa loh sampe sekarang karena hubungan gue dan kakak gue jelas kagak harmonis. Gue akuin aja apa adanya.

Oke, terus udah punya anak, waktu bayi tengah malam tau-tau nangis, entah kenapa, karena ya jelas waktu bayi ga bisa ngomong, masalahnya apa. Satu malem doang tau-tau nangis di tengah malam dan pagi buta? Ya engga lah. Mungkin bisa streak seminggu berturut-turut? Lo kapan istirahatnya? Besok pagi harus kerja, sedangkan elo belum tidur jam 3 pagi karena anaklo masih nangis engga jelas kenapa.

Terus ketika udah gedean dikit, elo mikir ga gimana kebutuhan sehari-harinya, gimana kasih makan 3x sehari, gimana baju dan celana, gimana sekolahnya, gimana kuliahnya, dst.

Ketika remaja, siap-siap anaklo memberontak ke elo, karena pola pikirnya udah berubah total, dan dia mulai memiliki kemampuan memilih hal-hal yang dia pikir terbaik buat dirinya sedangkan elo berpikir elo yang paling tahu apa yang terbaik buat anaklo. Ini juga gue akui, karena memang gue ga jarang berantem sama orang tua gue. Pola pikir 20 tahun yang lalu ga akan bisa diaplikasikan sekarang, itu aja intinya.

Ini ngomongin anak yah. Gimana dengan istrilo sendiri? Super harmonis ga akan ada drama sama sekali dalam kehidupan berkeluarga elo? Hahaha, ga akan ada cerita kayak gitu, mblo.

Ketika gue tanya teman-teman gue yang menikah dan udah punya anak, gue tanya “kenapa elo nikah”, biasanya jawabannya beda-beda. Ada yang bilang “buat punya keturunan”, “udah jadi kewajiban”, “kalo menurut agama gue menikah itu ibadah” atau semacamnya. GA ADA SATU PUN yang ngejawab “gue cinta sama dia”. Ga percaya? Coba tanya aja orang-orang di sekitar elo pertanyaan yang sama.

Nah yang punya anak pun gue tanya “apa tujuan lo punya anak”? Jawabannya “melanjutkan keturunan” atau “itu perintah agama gue”. Yang paling bikin gue marah “supaya ntar kalo gue tua ada yang ngerawat”. CUKKK ANAKLO BUKAN INVESTASI BUAT HARI TUA!!!

Anaklo itu manusia yang independen dengan segala pemikiran, kebutuhan dan pilihannya sendiri. Tapi yang jelas dia ga bisa memilih untuk TIDAK lahir di dunia ini. Pilihan itu jatuh di TANGAN ELO: pas ngewe pake kondom atau engga. Lo mau investasi, main saham sana!

Yang paling fatal, biasanya yang beranak banyak-banyak ga pake otak itu kalangan miskin, menengah kebawah. Yang jelas kagak mampu membiayai hal-hal yang menjadi kebutuhan mendasar berkeluarga yang udah gue beberkan diatas, tapi maksain punya anak banyak. Banyak anak banyak rejeki katanya.

Hasilnya? Yang ada mereka jadi parasit masyarakat, kontribusi ga bisa, yang ada mikirin besok makan apa. Pajak dari orang yang kerja keras masuknya ke mereka, buat santunan mereka.

Lihat aja India, negara miskin seperti itu, dengan penduduk terbesar di dunia, nyaingin China. Oke, beberapa orang India memang ada yang jadi orang gedean kayak Sundar Pichai yang jadi CEO Alphabet, tapi sisanya yang nyantol di India, berapa milyar jiwa? Jumlah populasi India udah melampaui China sekarang.

Dari 1 Sundar Pichai yang ada di dunia ini, ada berapa juta Pajeet yang hidup melarat dan tinggal di perumahan kumuh di India? Impactnya pendidikan rendah dan rape culture serta kejahatan secara umum juga merajarela di India. Ya lo ga salah baca, Itu impactnya. Dari semua negara di dunia ini, gue paling ogah kalo tinggal di India.

China masih mendingan sedikit, apalagi sempat ada kebijakan 1 orang anak per keluarga beberapa waktu yang lalu, dan kebijakan ini sangat keras, sehingga jadi banyolan umum bapak-bapak waktu ngopi. Ekonomi China juga meningkat drastis, terlihat dari banyaknya wisatawan China kampungan yang bikin ulah ketika mereka melancong keluar negeri, itu karena orang-orang pinggiran tau-tau tajir mendadak karena economic boomnya mereka.

Orang China mungkin jarang-jarang ada yang naik jadi CEO di perusahaan Amrik, tapi lo jangan lupa, brand-brand China sekarang mendunia, hampir mengalahkan franchise buatan Amrik. Cek aja handphone elo, kalo brandnya bukan Xiaomi, minimal pasti ada komponen di dalamnya yang pabrikan China. iPhone? Pabrikannya di China. Soal elektronik China udah menang total dari dulu. Yang belakangan, Mixue. Agresif bener ngembat ruko kosong di Indonesia. Itu jelas brand/franchise dari China.

Bahkan ada joke yang terkenal “In the beginning God created the heavens and the earth… and the rest was made in China” karena China itu bener-bener agresif soal manufacturing, tenaga kerjanya murah dan disiplin.

Keturunan China juga bisa ditemui dimana-mana, dan rata-rata mereka menjadi kalangan menengah ke atas di daerah mereka menetap. Itulah kenapa sentimenisme kepada keturunan China di Indonesia berkembang. Stereotype koko-koko dan cici-cici tajir engga kurangan kok di Indonesia. Yang artinya apa? Dari sisi ekonomi, ya orang keturunan biasanya ga gitu masalah, mungkin karena budaya dan cara didik mereka. Tapi tetap jaman sekarang yang sipit-sipit juga mikir keras kalo mau mbrojol.

Nah kita balikin scopenya lagi ke yang lebih mikro. Soalnya engga semuanya beruntung bermata sipit atau besar di China (atau negara maju lainnya seperti Amrik dan Kanada). Kalau memang elo ngidam punya anak, apa engga sebaiknya mengadopsi aja?

Sejujurnya, hidup ini keras dan dunia ini kejam, apa iya elo tega menghadirkan manusia baru di dunia ini? Kenapa engga menolong yang udah terlanjur kemakan doktrin basi ketinggalan jaman itu dan sekarang mereka harus menanggung bebannya sendirian?

Antara mengadopsi anak kalo lo nikahin perawan, atau kawinin janda beranak. Kalo lo siap, kenapa engga? Janda jelas lebih banyak pengalaman di ranjang. Beneran mblo, kagak boong gue. Itu salah satu solusinya.

Nah kalo gue bahas begini muncul pertanyaan selanjutnya. Kalo gitu apa tujuannya nikah, kalo ending-endingnya milih child-free? Ya sekali lagi, nikah itu PILIHAN. Elo menikah karena elo sayang sama pasangan elo? Boleh.

Elo menikah karena elo menganggap dia bakal jadi partner hidup lo yang terbaik, literally partner dalam arti “partner” beneran, kenapa engga? Karena percaya atau engga, seorang teman gue bininya biasa aja tapi gue ngelihat mereka jalanin bisnis mereka berdua itu akur banget. Koordinasinya keren sekali.

“Di belakang pria yang sukses ada wanita yang hebat” katanya. Tapi kalo nikahin orang yang salah, setidaknya elo menjadi orang yang lebih bijak nantinya.

Tapi jelas, banyak mitos yang ngawur di masyarakat soal menikah. Kayak kata bapak gue yang kolot dan ga masuk akal “Kapan lo nikah? Lo nikah biar bisa ada tabungan”. Ya dikate nikah sama celengan gitu? Atau yang gue sebut diatas “Lo cepetan nikah dan punya anak, supaya ntar tua ada yang ngurus!”. Nyet, lo butuh caretaker ya hire aja perawat! Lo kira ntar anaklo udah dewasa engga punya kehidupan sendiri?

Dari sisi cewek rata-rata yang gue temuin umur 20an udah punya anak, pikir aja kalau cewek itu berarti ga sempat kuliah ga sempat kerja. Dan yang cewek biasanya umur belasan udah dinikahin dan disuruh cepat-cepat punya anak. Apalagi di daerah pedesaan dan semacamnya.

Terus ini pasangan belum kuat mental punya anak, berantem melulu, cerai dan biasanya cewek yang ngambil anaknya, bertanggung jawab sendirian ngebesarin anaknya. Cari kerja halal engga qualified soalnya dari umur muda 20an udah ngurus anak, engga sempat kuliah. Gaji ga nutup. Hasilnya? Biasanya ngelonte. Ga percaya bro? Coba lo bergaul agak jauhan dikit. Tanya sendiri ke mereka. Pak Wapres jelas kagak mikir sampai kesini. Bukannya Pak Wapres ini engga mendukung kemaksiatan?

Best regards

Jon Bajing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Jurus Dewa Cryptocurrency : Menghasilkan Ribuan Dolar dari Cryptocurrency
PENAWARAN TERBATAS!!! DISKON GILA UNTUK LAUNCHING!!!